Postingan-Keren

Blog gado-gado yang menyediakan tutorial dan download gratis

Breaking

Friday 27 November 2015

100 Postingan (Cerita Blogku)

100 Postingan celebration
100 Postingan celebration
Dihari yang suram ini aku bukan mau membuat postingan berguna seperti sebelumnya(padahal postingan-nya nggak ada yang berguna wkwkwk).Saya disini hanya akan membagi pengalaman saya tentang cara membangun blog ini, dari kesalahan dalam pembuatan maupun yang sudah benar.Awal saya membuat blog ini pada tahun 2014 awal. Jujur saja awal membuat blog saya bingung seperti memilih layanan blog (kayak Wordpress,blogspot,weebly,Dll ),tema blog apa yang mau digunakan agar menarik minat pembaca,Dan bagaimana cara promosiin ini blog biar rame(tp sampek sekarang kagak rame2 -_-).Dan karena saya bingung mau milih apa nie niche(sama dengan tema) blog maka saya langsung buat aja blog dengan Niche Gado-gado(Blog dengan banyak tema) dan layanan blog yang saya pilih adalah blogger.Awal saya membuat blog hampir dipastikan setiap hari bisa 3 sampai 5 postingan yang dapat saya publikasikan, ya persis kayag dikejar anjing bikin postingnya (ngebut tapi asal-asalan).Nah setelah beberapa hari buat postingan bego saya mulai lelah dan malas untuk update blog dan alhasil dari 20 postingan pertama yang saya buat nggak ada satupun penayangan dalam ikhtisar saya dalam kurun waktu 1 minggu(Ikhtisar tempat buat liat penayangan gan) entah kosakata saya yang jelek atau blog saya masih baru.lalu saya mulai berfikir apa yang membuat blog bisa banyak pengunjung dan setelah itu saya mencoba searching di google dan menemukan pencerahaan yang bilang kalog blog mau maju ada 3 pokok penting:

  • Buatlah Artikel berkualitas minimal 1500 kata per postingan dan konten harus asli buatan tangan kalian(Jangan Copas) karena mesin pencari suka artikel yang murni.Jadi pokoknya kalog mau buat artikel usahakan jangan copas karena melanggar DMCA baik gambar maupun tulisan, jadi mendingan kosongan gambar saja lebih baik dari pada copas gambar.
  • Lakukan SEO(Search Engine Optimation) yaitu mengoptimasikan Template blog anda menjadi lebih user friendly seperti contoh reload dalam blog harus cepat dan tidak banyak banner yang mengganggu karena mesin pencari senang dengan blog yang reloadnya cepat.
  • Lakukan promosi blog seperti menggunakan auto share dengan Twitterfeed ,blogwalking ke forum-forum atau membuat fanspage di facebook dan twitter.
Nah dari tiga diatas saya mulai buat agendanya seperti satu minggu pertama saya membuat artikel yang bagus dan unik agar pengunjung dan mesin pencari senang datang ke blog saya.Jadi nantinya blog saya akan cepat terindex oleh mesin pencari.Dan minggu kedua saya mengoptimasi seo dengan cara mengganti template yang seo friendly(Cari banyak di Google) nah pada saat mengedit template ini saya memiliki banyak kendala seperti bingung memilih template dan bingung setting menunya jadi hampir 2 minggu an saya nggak update postingan cuma gara2 milih template sama sinkronisasi menu doang wkwkwk(ini karena malas sebenarnya 1 hari aja bisa).Dan yang terakhir promosi blog,dalam promosi blog sebaiknya kalian melakukan dua hal,yaitu membuat artikel dan promosi blog karena cara ini ampuh sekali setelah saya praktekan.Dalam kurun waktu 1 minggu saya promosi dan update artikel hingga saya memiliki 50 artikel blog ini sudah memiliki 100 lebih penayangan tiap hari,inilah kehebatan blog gado2 kalog sering diupdate jumlah pengunjungnya akan meningkat tajam tapi kalog satu hari saja nggak update bisa anjlok beda dengan niche blog yang memilih tema satu seperti contoh web artikel tentang memelihara burung,pasti yang dibahas seputar burung,misalkan nama burung ini,burung itu,burung burung yang lain  cara perawatanya dan lain2 maka mesin pencari akan cepat mengindex blog kalian karena setiap tema yang di publikasikan mengandung kata kunci yang hampir sama.Namun kelemahan blog ini biasanya terletak pada tema itu sendiri setelah kalian kehabisan ide tentang burung bagaimana mau membuat postingan selanjutnya?.Nah jadi intinya niche blog penting jika kalian ingin membuat blog untuk monetizen dan biasanya blog yang niche nya fokus pada satu tema memiliki banyak kelebihan jika author nya hanya satu tapi jika kalian membuat niche gado2 kayak saya mending cari teman yang dapat diajak membuat artikel bersama.Dan selanjutnya yaitu penayangan blog ini,dari 100 postingan yang saya buat,sudah banyak artikel saya yang terindex oleh mesin pencari namun artikel saya belum tentu ada dalam urutan teratas pencarian search engine contohnya seperti google,biasanya google membuat batasan artikel yang ditampilkan hanya ada 10 per page jadi jika halaman kita masuk dalam 10 besar page pertama maka akan berdampak pada penayangan di blog kita dan untuk blog saya yang mungkin sudah berumur 1 tahun lebih saya memiliki rata 250 penayangan setiap hari.Ini mungkin sedikit mengenaskan karena teman saya yang membuat blog yang hanya berumur 5 bulan sudah bisa mendatangkan 500 penayangan setiap hari,padahal saya sudah lebih lama dalam membuat dan postingan saya lebih banyak dari dia dan yang lebih ngenes dia sudah diterima google adsense(alias saya iri).Yah tidak apalah karena saya membuat blog hanya untuk mengisi waktu luang saja dan sharing informasi yang mungkin berguna untuk teman2.Nah penjelasan di atas merupakan pengalaman blog saya selama 1 tahun lebih dan dari 1 tahun itu saya mendapat pengalaman yang banyak seperti SEO,terus apa itu backlink dan edit template menggunakan inspect elemen yang mungkin akan berguna bagi saya saat mencari pekerjaan di kemudian hari.

No comments:

Post a Comment

postingan keren