Postingan-Keren

Blog gado-gado yang menyediakan tutorial dan download gratis

Breaking

Wednesday 4 February 2015

Tips Membeli Laptop Bekas Atau Baru


Tips Membeli laptop,Saat kita berjalan-jalan dimanapun kita selalu membawa smartphone atau handphone untuk selfie atau sekedar sms dan browsing internet,Dan saat kita sedang keluar dimanapun namun ingin bermain game maka tablet lah yang selalu menemani kita karena layar tablet yang besar dan mudah dibawa kemana mana.Tetapi saat kita sedang dalam pekerjaan besar seperti membuat desain bangunan dengan autocad atau membuat skripsi untuk dikumpulkan ke dosen maka Pc atau Laptop-lah yang selalu menemani kita.
Jika anda sedang ingin membeli laptop pasti anda akan berfikir tipe laptop apa yang bagus?spesifikasi apa yang pas untuk game atau desain?apakah harga laptop sebanding dengan kemampuan?Merk apa saja yang terkenal handal dan apakah tempat servisnya ada di kota kita?.Banyak merk,kualitas,spesifikasi yang beredar di pasaran namun jika anda tidak bijak dalam memilih.Mungkin anda akan menyesal karena kemampuan laptop tersebut tidak sesuai harapan anda.
Sebelum tips ini diberikan alangkah baiknya anda mengetahui perbedaan netbook,notebook,dan laptop.

  • Ø  Netbook = Biasanya Layar netbook berkisar antara 7-12 inci dan spesifikasinya biasanya menggunakan intel atom serta ram yang hanya 512 – 2gb saja serta hardisk kisaran 80Gb-500Gb,Biasanya hanya untuk keperluan mengetik,mendengarkan lagu,melihat film(mungkin sedikit berat untuk film hd),dan browsing internet.Dan biasanya Dvd rom tidak terdapat dalam netbook.Namun harga yang ditawarkan cukup terjangkau yaitu antara 1,5jt-3jt rupiah apalagi yang bekas 1jt juga ada.
  • Ø  Notebook = Biasanya layar notebook berkisar antara 12 – 18 inci dan spesifikasinya jauh berbeda dengan netbook.Processor notebook biasanya antara dual core sampai core i-7 serta ram 2-8Gb dengan vga antara 512Gb-2Gb dengan merk yang beragam.Notebook sudah dibilang cukup mampu untuk bermain game besar,melihat film Hd dan menjalankan software kantoran seperti after effect atau auotocad.Harga Notebook di pasaran biasanya lebih dari 3jt-an.Kekurangan notebook biasanya hanya terdapat pada layar yang berkisar 12-18 inci.
  • Ø  Laptop = Laptop dan Notebook sebenarnya tidak berbeda jauh mungkin hanya masalah pada layar saja karena layar laptop lebih besar dari netbook maupun notebook.spesifikasi Laptop juga tidak berbeda jauh dari Notebook yaitu processor antara dual core hinggan core i-7 serta ram 2-8Gb bahkan laptop ada juga yang ram nya hingga 16Gb.Vga laptop biasanya berkisar antara 1Gb hingga 2Gb dan hardisk antara 500Gb sampai 1Tb(Tera byte atau=1000Gb).Dan vga biasanya AMD atau Nvidia.
 Oke ini Tips memilih laptop yang baik
1.Sesuai kebutuhan=Kenapa saya taruh nomor satu kebutuhan.Karena apa tujuan anda membeli laptop.Apa sekedar untuk mengetik saja? atau main game berat? Atau uang yang menipis?
Sesuai kebutuhan saya bagi dua spesifikasi:

  • Ringan = Spesifikasi ringan biasanya terdapat di netbook atau notebook saja dan yang dimaksud ringan hanya untuk mengetik,mendengarkan lagu,menonton film,dan browsing internet.Biasanya spesifikasi untuk kebutuhan ringan adalah:processor intel atom,intel premium,amd athlon 62,amd athlon x dengan vga antara 128Mb-1Gb dengan Ram=512Mb-1Gb,dan harrdisk kurang dari 500Gb.
  • Berat = spesifikasi berat biasanya terdapat pada notebook atau netbook yang digunakan untuk main game berat atau desain grafisBiasanya spesifikasi untuk kebutuhan berat adalah:processor core i-3 sampai core i-7,Athlon,Phenom.Serta vga 2Gb merek Nvidia atau Ati Radeon,Ram 4Gb sampai 16Gb dan harrdisk 500Gb ke atas.
2. Pada saat anda membeli laptop merk juga berpengaruh,Berikut daftar merk terkenal yang masuk 8 besar dunia:
·         Laptop Dell
·         Laptop Apple
·         Laptop sony vaio
·         Laptop Toshiba
·         Laptop Hp
·         Laptop Accer
·         Laptop Asus
·         Laptop Compaq
Alien Ware,Xenom,sama msi nggak masuk mungkin karena harganya mahal.
3.Saat install operating system perhatikan.biasanya orang akan cenderung memilih windows untuk os.Maka untuk install os windows biasanya diberi 2 pilihan 32-bit atau 64-bit..ini biasanya yang nggak biasa ada yang 128-bit tapi jarang.Berikut tips memilih os windows nya:

  • 1.Windows 32-bit = biasanya di pasang di laptop dengan spesifikasi ram kurang dari 4Gb karena jika ram kurang dari 4Gb di pasang windows 64-bit maka kinerja Laptop tersebut akan lambat.Kelebihan dari windows 32-bit biasanya terletak di kinerja dan software yang mendukungnya.Karena biasanya software sekarang masih menggunakan 32-bit.
  • 2.Windows 64-bit = biasanya di pasang di laptop dengan spesifikasi ram lebih dari 4Gb.Karena jika ram lebih dari 4Gb di pasang windows 32-bit biasanya Ram yang lebih dari 4Gb tidak terdeteksi contoh=jika ram 8Gb maka yang keluar hanya 4Gb atau 3.5 saja(Biasanya).Kelebihan dari windows 64-bit ini terletak pada kinerjanya karena ram yang lebih dari 4Gb memungkinkan membuka aplikasi lebih dari satu secara bersamaan dengan lancar.Kekurangan 64-bit terletak pada software pendukung yang masih sedikit di internet.
4.Usahakan saat telah memilih netbook/notebook lihat apakah di box netbook/notebook tersebut ada cd drivernya untuk install ulang dan semua kelengkapanya telah ada agar dikemudian hari ketika error .install drive tidak harus download di internet karena file tersebut besar.
5. Lihat daya tahan baterai selama bebrapa menit dan tombol kombinasi keyboard seperti untuk menyalakan wifi atau mencerahkan dan meredupkan netbook/notebook.
6.usahakan jika anda menggunakan windows 7 ke atas dan processor Nvidia atau Amd gunakan directx versi 11 karena jika ingin bermain game dan desain grafis lebih baik.
7.Lihat driver apa saja yang belum terinstall dengan:

  • ·         Klik kanan icon my computer lalu pilih properties



  • ·         Klik device manager





  • ·         Jika gambar seperti dibawah ini artinya driver telah terinstall semua


  • ·         Tetapi jika ada gambar seperti di bawah ini
·         Maka ada driver yang belum terinstall
7.dan yang terakhir adalah memeriksa dxdiag dengan cara
  •           Klik kombinasi windows+r dan tulis di run dxdiag


  • Setelah itu lihatlah pada menu tersebut apakah ada tulisan n/a.Jika ada pasti ada driver yang belum terpasang.


  • Dan coba geser ke menu display dan sound.Serta periksa juga apakah vga dan ram sama dengan spesifikasi yang tertera di brosur.



Saya kira cukup sekian teman-teman jika ada tambahan atau kesalahan tolong di koment ya karena manusia banyak salah.Namun secara garis besar seperti itu tips nya.

No comments:

Post a Comment

postingan keren