Postingan-Keren

Blog gado-gado yang menyediakan tutorial dan download gratis

Breaking

Wednesday 9 December 2015

Mengenal Lebih Dalam Network Layer

Mengenal Lebih Dalam Network Layer
Mengenal Lebih Dalam Network Layer
Network Layer,merupakan lapisan ketiga dari bawah dalam model referensi jaringan Osi Layer 

Gambar Osi Layer

dan Osi Layer sendiri merupakan sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) yaitu badan yang membuat standart-standart dalam perusahaan secara internasional di Eropa yang dibentuk pada tahun 1977.OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model "Model tujuh lapis OSI" (OSI seven layer model).Kembali ke Network Layer.

1.Fungsi Network Layer

  • Addressing = IP adalah satu-satunya protokol layer 3 yang digunakan untuk membawa data user berlalu-lalang melintasi network TCP/IP dan dalam hal ini kita dapat menggunakan IPV4 atau IPV6 untuk subnetting nya.
    Proses Enkapsulasi
  • Enkapsulasi =Berikutnya adalah proses enkapsulasi yang dimana Disisi mesin pengirim, PDU layer transport (segmen) akan di enkapsulasi dengan header layer network sehingga menjadi PDU layer 3 yang disebut packet.Diantara informasi yang disertakan dalam header ini adalah informasi IP address dari device pengirim dan penerima.Gambar di atas merupakan contoh proses enkapsulasi
  • Dekapsulasi = Pada proses ini packet akan di dekapsulasi yaitu proses pelepasan header dari layer ke layer Pemakai (end user )berinteraksi dengan lapisan aplikasi dan mengirim data (message) melalui lapisan tersebut.Dan selanjutnya jika IP address tujuan sesuai dengan IP address penerima maka packet akan diserahkan ke layer transport.
Dan berikut ini adalah ciri2 IP address :

  1. Connectionless = tidak perlu menjalin koneksi sebelum pengiriman data.
  2. Best Effort (Unreliable) = tidak ada fitur-fitur untuk menjamin data sampai ke tujuan. 
  3. Media Independent = bisa beroperasi pada media apapun yang digunakan pada layer fisik, ethernet,fiber optik, maupun wireless.

No comments:

Post a Comment

postingan keren