Postingan-Keren

Blog gado-gado yang menyediakan tutorial dan download gratis

Breaking

Monday 8 April 2019

Cara Install Windows 10 Yang Hardisknya Belum Di Convert Ke GPT (Windows Cannot Be Installed To The Disk) Ketika Boot

Cara Install Windows 10 Yang Haridsknya Belum Di Convert Ke GPT (Windows Cannot Be Installed To The Disk)

Hallo guys selamat datang di postingankeren. Kali saya ingin memberikan sedikit tutorial berguna bagi kalian yang ingin upgrade atau install windows 10 ke perangkat kalian. Seperti yang kita tahu salah satu requirement untuk install windows 10 adalah menggunakan tipe partisi yang bernama GPT (Guide Partition Table). Bagi kalian yang ingin mengupgrade windows dari xp,7,8 pasti harus merubah tipe partisi yang semula MBR(Master Boot Record) menjadi GPT, Sehingga kendala ketika upgrade akan ditemui apalagi kalian menggunakan boting tanpa upgrade dari windows lama.

MBR VS GPT

Sedikit perbedaan antara MBR dan GPT yang sudah pasti GPT lebih bagus dibandingkan MBR :

  1. Pada windows yang lama partisi hardisk masih menggunakan MBR untuk default, Maka partisi hardisk akan dibatasi maksimal 4 partisi saja sehingga semisal kita memiliki partisi dimulai dari local disk C maka hanya bisa membuat local disk (C,D,E,F). Berbeda dengan GPT yang bisa membuat hingga 128 partisi selama kapasitas hardisk yang digunakan ada.
  2. Dalam segi kapasitas Hardisk bertipe MBR hanya dapat menampung maksimal 2TB per Local Disk. Sedangkan GPT dapat menampung hingga lebih dari 2TB.
  3. Semua sistem operasi hampir sebagian besar masih menggunakan dan kompatibel pada MBR. Sehingga tidak disarankan untuk mengganti tipe GPT jika kalian ingin menginstall OS seperti Linux,Backtrack DLL OS yang bukan windows.
Nah disini saya akan membuat 3 tutorial bagaimana cara konvert hardisk dari MBR ke GPT dengan lengkap

1.Convert Hardisk Dengan EaseUS

Yang pertama adalah convert Hardisk dengan software yang bernama Ease Use, Sehingga kita perlu OS Windows apa saja yang masih beroprasi pada komputer kalian. Namun jika Hardisk kalian kosongan tanpa OS silahkan lanjut langkah 2 dan 3.

Convert Hardisk Dengan EaseUS

Download dan install terlebih dahulu EaseUS pada komputer kalian

Convert Hardisk Dengan EaseUS

yang kedua klik kanan pada disk yang akan dijadikan GPT lalu pilih convert to GPT. Jika kalian memiliki partisi lebih dari empat biasanya cara ini tidak akan berhasil, Sehingga kalian harus melakukan backup data dan delete salah satu local disk kalian.

Convert Hardisk Dengan EaseUS

Setelah itu akan keluar perintah apply untuk melakukan convert disk. Dan akan ada perintah restart perangkat untuk mengganti disk tersebut.
Convert Hardisk Dengan EaseUS


2.Convert Hardisk Pada CMD Instalasi Windows

Seperti pada gambar pertama diatas kalian akan ditampilkan peringatan "Windows cannot be installed to this disk". Solusinya adalah buka instalasi windows seperti biasa. Dan pada proses install now kita klik

Convert Hardisk Pada CMD Instalasi Windows

Klik tombol shift+F10 atau Shift+Fn+F10 untuk membuka CMD selanjutnya setelah dibuka CMD yang kita panggil tadi, Ketikan "diskpart" kemudian tekan Enter.

Convert Hardisk Pada CMD Instalasi Windows

Lalu ketikan command line "list disk" yang fungsinya untuk menampilkan informasi partisi harddisk yang ada.

Convert Hardisk Pada CMD Instalasi Windows

dalam lisk disk kita akan memiliki beberapa disk yang statusnya online. Pilih disk yang akan di convert contoh "select disk 0".

Convert Hardisk Pada CMD Instalasi Windows

langkah selanjutnya masukan command line "Clean" untuk membersihkan disk 0 tadi sehingga data yang ada pada harddisk akan terhapus semua.

Convert Hardisk Pada CMD Instalasi Windows

Langkah terakhir ketikan "convert gpt" untuk merubah tipe harddisk dari MBR ke GPT atau sebaliknya. Setelah itu tutup CMD dan lanjutkan proses instalasi windows.

Convert Hardisk Pada CMD Instalasi Windows


3.Convert Hardisk Dengan Bios Legacy


Nah yang terakhir ini adalah convert Hardisk ke GTP dengan setting Bios. Disini saya menggunakan laptop dell yang semula windows 8 dan ingin diupgrade ke windows 10. Pertama masuk ke Bios dengan menekan F12 (boot option tergantung bios Laptop/PC yang anda pakai).


Masuk ke menu Boot dan pada "Boot List Option" ganti dengan Legacy Boot lalu save dan install windows 10 seperti biasa. Pada komputer/laptop lain jika tidak ada perintah boot list kalian perhatikan perangkat harddisk kalian semisal di option boot ada 1,2,3. dan option boot 1 misal [uefi sony harddisk] kalian ubah ke bentuk yang tidak ada uefi nya menjadi [sony harddisk] pada option boot 1.

No comments:

Post a Comment

postingan keren