2. Mengapa M.K. Pendidikan Pancasila disebut sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MKPK)?
3. Apa maksud bahwa Pancasila sebagai Ideologi terbuka NKRI?
4. Apa yang dimaksud Pancasila sebagai suatu sistem filsafat, ditinjau dari Ontologi Pancasila?
5. Apa yang dimaksud Pancasila sebagai suatu sistem filsafat, ditinjau dari Epistemologi Pancasila?
6. Apa yang dimaksud Pancasila sebagai suatu sistem filsafat, ditinjau dari Aksiologi Pancasila?
7. Sejak kapan dan dimana Pancasila sah sebagai Landasan Ideologi bangsa Indonesia ?
8. Jelaskan Rumusan sejarah Pancasila!
9. Bagaimana hubungan antara Pancasila dengan Pembukaan UUD 1945?
10. Bagaimana hubungan antara Proklamasi dengan Pembukaan UUD 1945?
Jawab:
1.Mahasiswa diharapkan dapat memiliki pengetahuan dan memahami landasan dan tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai karya besar bangsa Indonesia yang setingkat dengan ideologi besar dunia lainnya. Pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan kekaryaan, kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan, sehingga memperluas cakrawala pemikirannya, menumbuhkan sikap demokratis pada mereka dalam mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
Mahasiswa diarahkan untuk dapat memahami latar belakang historis kuliah Pendidikan Pancasila, dengaan memahami fakta budaya dan filsafat hidup bangsa Indonesia yang merupakan suatu pandangan hidup. Mereka diarahkan untuk memahami tujuan hidup bersama dalam suatu negara dengan cara mendiskusikannya diantara mereka.
2.Karena Materi kuliah pendidikan pancasila bertujuan untuk mengembangkan aspek kepribadian mahasiswa, yaitu suatu aspek yang paling fundamental dalam kehidupan manusia, serta menjadi dasar dan landasan bagi semua aspek lainnya.Seperti contoh berjiwa nasional yaitu mengepentingkan kepentingan bangsa dan kemanusiaan daripada kepentingan pribadi,lalu memiliki sikap toleransi yang tinggi,dan berjiwa pancasila yang memiliki integrasi moral yang tinggi
3.Makna Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah nilai-nilai dasar Pancasila dapat dikembangkan sesuai dengan dinamika kehidupan bangsa Indonesia dan tuntutan perkembangan zaman dengan memperhatikan tingkat kebutuhan dan perkembangan masyarakat Indonesia, serta tidak keluar dari eksistensi dan jati diri bangsa Indonesia. Ideologi Pancasila menghendaki agar bangsa Indonesia tetap bertahan dalam jiwa dan budaya bangsa Indonesia dan dalam ikatan NKRI.
4.Secara ontologis kajian Pancasila sebagai filsafat dimaksudkan sebagai upaya untuk mengetahui hakikat dasar dari sila-sila Pancasila. Menurut Notonagoro hakikat dasar ontologis Pancasila adalah manusia. Mengapa?, karena manusia merupakan subjek hukum pokok dari sila-sila Pancasila.
Hal ini dapat
dijelaskan bahwa yang berketuhanan Yang Maha berkemanusian yang adil dan
beradab, berkesatuan Indonesia, berkerakyatan yang dipimpin oleh hikmah
kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta berkeadilan sosial bagi
seluruh rakyat Indonesia pada hakikatnya adalah manusia.
Dengan demikian,
secara ontologis hakikat dasar keberadaan dari sila Pancasila adalah manusia.
Untuk hal ini, Notonagoro lebih lanjut mengemukakan bahwa manusia sebagai
pendukung pokok sila-sila Pancasila secara ontol memiliki hal-hal yang mutlak,
yaitu terdiri atas susunan kodrat, raga dan jiwa, jasmani dan rohani. Selain
itu, sebagai makhluk individu dan sosial, serta kedudukan kodrat manusia
sebagai makhluk pribadi dan sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena
itu, secara hierarkis sila pertama Ketuhanan \ Maha Esa mendasari dan menjiwai
keempat sila-sila Pancasila.
5.Kajian epistemologi filsafat
Pancasila dimaksudkan sebagai upaya untuk mencari hakikat Pancasila sebagai
suatu sistem pengetahuan. Hal ini dimungkinkan karena epistemologi merupakan
bidang filsafat yang membahas hakikat ilmu pengetahuan (ilmu tentang ilmu).
Kajian epistemologi Pancasila tidak dapat dipisahkan dengan dasar ontologisnya.
Oleh karena itu, dasar epistemologis Pancasila sangat berkaitan erat dengan
konsep dasarnya tentang hakikat manusia.
Epistemologi Pancasila
sebagai suatu objek kajian pengetahuan pada hakikatnya meliputi masalah sumber
pengetahuan Pancasila dan susunan pengetahuan Pancasila. Adapun tentang sumber pengetahuan
Pancasila, sebagaimana telah dipahami bersama, adalah nilai-nilai yang ada pada
bangsa Indonesia itu sendiri. Merujuk pada pemikiran filsafat Aristoteles,
bahwa nilai-nilai tersebut sebagai klausa material isi Pancasila.
6.Kajian aksiologi filsafat
Pancasila pada hakikatnya membahas tentang nilai praksis atau manfaat suatu
pengetahuan tentang Pancasila. Karena sila-sila Pancasila sebagai suatu sistem
filsafat memiliki satu kesatuan dasar aksiologis, maka nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya pada hakikatnya juga merupakan suatu kesatuan. Selanjutnya,
aksiologi Pancasila mengandung arti bahwa kita membahas tentang filsafat nilai
Pancasila. Istilah nilai dalam kajian filsafat dipakai untuk merujuk pada
ungkapan abstrak yang dapat juga diartikan sebagai "keberhargaan"
(worth) atau "kebaikan" (goodnes), dan kata kerja yang artinya
sesuatu tindakan kejiwaan tertentu dalam menilai atau melakukan penilaian.
7.Istilah Pancasila telah dikenal sejak zaman Majapahit pada
abad ke-14 yang terdapat dalam buku Negara Kertagama karangan Empu Prapanca,
dan dalam buku Sutasoma karang empu Tantular. Kata Pancasila berasal dari
bahasa Sansekerta, Panca berarti lima, sila berarti satu sendi, dasar, alas
atau asas.Dan sedangkan Pancasila dijadikan ideologi negara secara implisit sejak
tanggal 17 Agustus 1945, tetapi secara yuridis Pancasila baru disahkan tanggal
18 Agustus 1945.
8.sejarah singkat perumusan pancasila
Dalam upaya merumuskan Pancasila sebagai dasar negara yang resmi, terdapat usulan-usulan pribadi yang dikemukakan dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia yaitu :
Lima Dasar oleh Muhammad Yamin, yang berpidato pada tanggal 29 Mei 1945. Yamin merumuskan lima dasar sebagai berikut: Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, dan Kesejahteraan Rakyat. Dia menyatakan bahwa kelima sila yang dirumuskan itu berakar pada sejarah, peradaban, agama, dan hidup ketatanegaraan yang telah lama berkembang di Indonesia. Mohammad Hatta dalam pidatonya meragukan pendapat Muh.Yamin tersebut.Dan selanjutnya Pancasila oleh Soekarno yang dikemukakan pada tanggal 1 Juni 1945 dalam pidato spontannya yang kemudian dikenal dengan judul "Lahirnya Pancasila". Sukarno mengemukakan dasar-dasar sebagai berikut: Kebangsaan; Internasionalisme; Mufakat, dasar perwakilan, dasar permusyawaratan; Kesejahteraan; Ketuhanan. Nama Pancasila itu diucapkan oleh Soekarno dalam pidatonya pada tanggal 1 Juni itu, katanya:
Sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan, dan ketuhanan, lima bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa - namanya ialah Pancasila. Sila artinya azas atau dasar, dan diatas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.
Setelah Rumusan Pancasila diterima sebagai dasar negara secara resmi beberapa dokumen penetapannya ialah :
Rumusan Pertama : Piagam Jakarta (Jakarta Charter) - tanggal 22 Juni 1945
Rumusan Kedua : Pembukaan Undang-undang Dasar - tanggal 18 Agustus 1945
Rumusan Ketiga : Mukaddimah Konstitusi Republik Indonesia Serikat - tanggal 27 Desember 1949
Rumusan Keempat : Mukaddimah Undang-undang Dasar Sementara - tanggal 15 Agustus 1950
Rumusan Kelima : Rumusan Kedua yang dijiwai oleh Rumusan Pertama (merujuk Dekrit Presiden 5 Juli 1959)
Rumusan Kedua : Pembukaan Undang-undang Dasar - tanggal 18 Agustus 1945
Rumusan Ketiga : Mukaddimah Konstitusi Republik Indonesia Serikat - tanggal 27 Desember 1949
Rumusan Keempat : Mukaddimah Undang-undang Dasar Sementara - tanggal 15 Agustus 1950
Rumusan Kelima : Rumusan Kedua yang dijiwai oleh Rumusan Pertama (merujuk Dekrit Presiden 5 Juli 1959)
9.Hubungan Secara Formal
Dengan dicantumkannya Pancasila secara formal di dalam Pembukaan UUD 1945,
maka Pancasila memperoleh kedudukan sebagai norma dasar hukum positif. Dengan
demikian tata kehidupan bernegara tidak hanya bertopang pada asas-asas sosial,
ekonomi, politik, yaitu perpaduan asas-asas kultural, religius dan asas-asas
kenegaraan yang unsurnya terdapat dalam Pancasila.
Jadi berdasarkan tempat terdapatnya Pancasila secarta formal dapat
disimpulkan sebagai berikut :
a.)Bahwa rumusan Pancasila sebagai Dasar Negara Republik
Indonesia adalah seperti yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alenia IV.
b.)Bahwa Pembukaan UUD 1945, berdasarkan pengertian
ilmiah, merupakan pokok kaedah Negara yang Fundamental dan terhadap tertib
hukum Indonesia mempunyai dua macam kedudukan yaitu :
Sebagai dasarnya, karena Pembukaan UUD 1945 itulah yang memberi
factor-faktor mutlak bagi adanya tertib hukum Indonesia.
Memasukkkan dirinya di dalam tertib hukum sebagai tertib hukum tertinggi.
c.)Bahwa dengan demikian Pembukaan UUD 1945 berkedudukan
dan berfungsi, selain sebgai Mukaddimah dan UUD 1945 dalam kesatuan yang tidak
dapat dipisahkan, juga berkedudukan sebagai suatu yang bereksistensi sendiri,
yang hakikat kedudukan hukumnya berbeda dengan pasal-Pasalnya. Karena Pembukaan
UUD 1945 yang intinya adlah Pancasila tidak tergantung pada batang tubuh UUD
1945, bahkan sebagai sumbernya.
d.) Bahwa Pancasila dengan demikian dapat disimpulkan mempunyai
hakikat,sifat,kedudukan dan fungsi sebagai pokok kaedah negara yang fundamental,
yang menjelmakan dirinya sebagai dasar kelangsungan hidup negara Republik
Indonesia yang di proklamirkan tanggal 17 Agustus 1945.
e.) Bahwa Pancasila sebagai inti Pembukaan UUD 1945, dengan demikian
mempunyai kedudukan yang kuat, tetap dan tidak dapat di ubah dan terletak pada
kelangsungan hidup Negara Republik Indonesia.
Hubungan secara material
Hubungan pembukaan UUD 1945 dengan Pncasila selain hubungan yang bersifat
formal, sebagaimana di jelaskan di atas juga hubungan secara material sebagai
berikut:
Bilamana kita tinjau kembali proses perumusan Pancasila dan pembukaan UUD
1945, maka secara kronologis, materi yang di bahas oleh BPUPKI yang
pertama-tama adalah dasar filsafat Pncasila baru kemudian Pembukaan UUD 1945.
Setelah pada sidang pertama pembukaan UUD 1945 BPUPKI membicarakan dasar
filsafat negara Pancasila berikutnya tersusunlah piagam jakarata yang di susun
oleh panitia 9, sebagai wujud bentuk pertama pembukaan UUD 1945.
Jadi berdasar urut-urutan tertib hukum Indonesia Pembukaan UUD 1945 adalah
sebagai tertib hukum yang tertinggi, adapun tertib hukum Indonesia bersumber
pada Pancasila, atau dengan kata lain sebagai sumber tertib hukum Indonesia.
Hal ini berarti secara material tertib hukum Indonesia dijabarkan dari
nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila. Pancasila sebagai sumber tertib
hukum indonesia meliputi sumber nilai, sumber materi, sumber bentuk dan sifat.
Selain itu dalam hubungannya dengan hakikat dan kedudukan pembukaan UUD
1945 sebagai pokok kaidah negara yang fubdamental, maka sebenarnya secara
material yang merupakan esensi atau inti sari dari pokok kaidah negara
fundamental tersebut tidak lain adalah pancasila.
10.Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 merupakan titik
kulminasi atau puncak perjuangan bangsa Indonesia yang berabad-abad lamanya
yang dijiwai pancasila. Dalam pembukaan UUD 1945 itu tertuang pokok-pokok
pikiran: paham Negara persatuan, Negara yang hendak mewujudkan keadilan social
bagi seluruh rakyat Indonesia, Negara yang berkedaulatan rakyat, Negara
berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan
beradab, yang tidak lain adalah jiwa pancasila.
Hubungan antara proklamasi kemerdekaan dengan
pembukaan UUD 1945 erat sekali, karena:
1.Pembukaan UUD 1945 tidak lain adalah penuangan jiwa
proklamasi, yaitu jiwa pancasila;
2.Pembukaan UUD 1945 merupakan uraian terperinci cita-cita
luhur proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.
Kalau proklamasi kemerdekaan
merupakan suatu “Proclamation of Independence” maka pembukaan UUD 1945 adalah
Declaration of Independence. Pembukaan UUD 1945 adalah pernyataan kemerdekaan
yang mengandung cita-cita luhur proklamasi kemerdekaan itu. Mengubah Pembukaan
UUD 1945 berarti mengubah isi dan cita-cita luhur proklamasi. Mengubah
pembukaan UUD 1945 berarti pembubaran Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Dengan demikian Pembukaan merupakan Deklarasi Kemerdekaan Indonesia yang memuat
cita-cita luhur daripada proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Proklamasi tidak
akan mempunyai arti tanpa deklarasi, sebab tanpa deklarasi tujuan proklamasi
semata-mata hanya kemerdekaan belaka. Sebaliknya deklarasi baru mempunyai arti
dengan adanya proklamasi yang melahirkan kemerdekaan sebagai sumber hukum
terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Naskah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945:
1. Pada alinea
pertama
Kami Bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia”,
menjelaskan bahwa
pada alinea pertama sampai dengan alinea ketiga Pembukaan UUD 1945
2. Pada alinea
kedua
Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain
diselenggarakan dengan cara Seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya”,
merupakan amanat tindakan yang segera harus dilaksanakan yaitu pembentukan negara Republik
Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan termuat dalam Pembukaan UUD 1945 alinea keempat.”
Pancasila. Proklamasi Kemerdekaan, dan UUD 1945 adalah satu
rangkaian yang tidak terpisahkan. Oleh sebab itu generasi muda yang harus
mengisi kemerdekaan semestinya pada jiwanya tertanam kuat semangat untuk
mempertahankan, mengamankan, dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945 dalam
kehidupan Negara Republik Indonesia.
sangat bermanfaat gan
ReplyDeleteSangat bermampaat.trims
ReplyDeleteok sama sama kakak
ReplyDelete