Postingan-Keren

Blog gado-gado yang menyediakan tutorial dan download gratis

Breaking

Saturday 3 February 2018

Cara Menghilangkan Virus Malware pada Blog dengan Quttera

Cara Menghilangkan Virus Malware pada Blog dengan Quttera
Cara Menghilangkan Virus Malware pada Blog dengan Quttera
Beberapa hari yang lalu dari saat postingan ini dibuat,Saya mengalami hal yang kurang mengenakan dalam blog yang saya kelola.Blog saya terindikasi virus malware oleh google sehingga raksasa mesin pencari sekaligus pemilik blogger ini memberi pesan terhadap pengunjung yang akan menuju ke website saya dengan gambar seperti di atas.

Dalam dunia blog salah satu hal yang paling mengganggu adalah virus malware ini.Ketika kita terindikasi oleh mesin pencari baik itu google,bing,yahoo atau yang lainnya,akan menyebabkan pengurangan visitor yang signifikan.Dalam kasus saya ini visitor yang semula 1500 view per-hari berkurang menjadi 400 view perhari jika di rata-rata.

Virus malware menyebar melalui javascript yang terinfeksi virus baik dalam edit HTML maupun postingan yang kalian buat.Ada yang bilang di internet malware ini terjadi saat,semisal kita mengupload gambar,yang didalam komputer ada virus malware maka virus yang masuk bersamaan dengan upload foto tadi akan menjangkit website anda.Itu merupakan jawaban yang tidak benar menurut saya pribadi,Karena virus malware dalam website hampir sebagian besar dipastikan melakukan pemanggilan sebuah fungsi href dalam edit html maupun postingan blog yang anda buat.Dan rata-rata semua virus tersebut berada pada javascript yang kalian panggil.Lalu pendapat saya yang kedua yaitu virus malware dalam website sudah berbeda platform dengan virus malware yang tersebar di komputer,Saya analogikan dalam sebuah android dan iphone,Jika kita install apk dalam iphone maka tidak akan bekerja begitu juga sebaliknya,walaupun memang didalamnya terdapat program yang benar.

Tentang virus malware sendiri,Virus ini saya kategorikan tidak berbahaya baik jika terinfeksi di komputer maupun website.Virus ini tidak menyerang sistem tapi sangat menyebalkan,Jika dalam komputer kalian sebelumnya tidak terinstall antivirus,maka akan sedikit kesulitan untuk membasmi virus yang satu ini.Contoh dari virus ini yaitu hidden file,virus iklan,duplikat folder dan lain-lain.

Virus malware dalam website yang umum biasa saya temui yaitu iklan dan pemakan bandwith(membuat loading website menjadi lama walaupun sudah memakai template yang responsif dan kecepatan internet yang tinggi sekalipun).Untuk pencegahan nya sendiri saya sarankan kalian menggunakan template bawaan dari blog.Tapi kebanyakan pada tidak mau kan?solusi keduanya yaitu cek berkala sebelum di blacklist oleh mesin pencari.Bisa melalui website sucuri atau quttera,

Lalu cara menghilangkan virus malware ini cukup mudah.Kalian tinggal masuk kesalah satu website yang saya tuliskan tadi,Masukan website yang akan di cek dan tekan tombol search.Kebetulan saya menggunakan website Quttera

quttera

quttera

Kalian bisa lihat seperti gambar diatas.Dalam website quttera ini memiliki fitur yang lumayan komplit dibandingkan kalian harus menggunakan google webmaster yang tidak rinci dalam menyampaikan tempat virus ini berasal.

Quttera

fitur quttera tersebut diantaranya sitescan report,scanned file analyzed dan lain-lain,Kalian bisa explore sendiri fitur-fitur nya tadi.Nah bagi kalian yang memiliki website professional seperti toko online atau website milik pemerintahan,saya rekomendasikan menggunakan jasa mereka untuk memonitor secara berkala agar tidak terjangkit virus malware ini.Tapi bagi kalian yang tidak mau keluar uang jalan satu-satunya harus menghapus sendiri virus malware tersebut dari asalnya.

Quttera

Dalam kasus saya ini.Virus malware tersebut ternyata menyerang javascript di bagian edit HTML.Sehingga harus mengganti template dan mengedit menu-menu yang sudah tertata rapih .Kalian bisa lihat di gambar bagian atas,Malware terindikasi dibagian postingan yang saya buat serta pencarian label(maaf lupa masukin gambar untuk labelnya karena lupa Screenshoot).Jika virus terindikasi hanya dibagian postingan kemungkinan besar kalian harus repost ulang artikel kalian yang terindikasi virus malware tersebut.Tapi jika virus tersebut sudah masuk kebagian selain postingan,kemungkinan besar memang dari template anda yang sudah terinfeksi.

quttera

Cara mencari virus nya sendiri kalian tinggal tekan view code di bagian threat dump pada tab menu scanned file analysis lalu pilih saja sebagian kode dan copas.Setelah itu masuk kebagian home pada blog kalian,dan tekan ctrl+shift+i atau inspect elemen dengan cara klik kanan lalu inspect elemen.Dan setelah itu ctrl+f untuk mencari kode yang telah di copas tadi.

Cara Menghilangkan Virus Malware pada Blog dengan Quttera

Nah seperti gambar di atas virus sudah ketemu dan ada di bagian home sehingga harus dilakukan penggantian template baru yang tidak terjangkit virus malware.Kalian bisa cari sendiri di internet ya cara mengganti template itu mudah dan banyak tutorialnya.Ok sekarang kita lanjut ke bagian google webmaster.

Quttera

Pada bagian ini kalian harus melakukan vertifikasi ke google bahwa website telah dibersihkan dari virus malware tersebut masuk ke link google webmaster dengan cara seperti gambar di atas.Tulis saja "saya telah mengganti template dan membersihkan virus tersebut tolong di check" dengan bahasa inggris.

Jika kalian melakukan langkah seperti yang saya lakukan tadi,biasanya dalam waktu satu hari saja tulisan virus malware yang diberi google akan hilang.Begitu juga dengan peringatan pada mesin pencari yang lain.

Mungkin sekian dulu tutorial dari saya.Jika ada kesalahan dalam penulisan mohon dikoreksi dengan cara berkomentar.

No comments:

Post a Comment

postingan keren