Postingan-Keren

Blog gado-gado yang menyediakan tutorial dan download gratis

Breaking

Monday 25 April 2016

Contoh Soal Rekayasa Perangkat Lunak

1.Jelaskan Pengertian Functional requirement dan non Functional requirement!
  • Functional Requirement Merupakan penjelasan tentang layanan yang perlu disediakan oleh sistem, bagaimana sistem menerima dan mengolah masukan, dan bagaimana sistem mengatasi situasi-situasi tertentu. Selain itu kadang-kadang juga secara jelas menentukan apa yang tidak dikerjakan oleh sistem.
  • Non-functional Requirement Secara umum berisi batasan-batasan pada pelayanan atau fungsi yang disediakan oleh sistem. Termasuk di dalamnya adalah batasan waktu, batasan proses pembangunan, standar-standar tertentu.
2.Berikan contoh uraian singkat mengenai 3 model proses yang anda ketahui dari spesifikasi kelebihan dan kekurangan dari masing masing model tersebut
A.model Waterfall = Model ini mengusulkan sebuah pendekatan perkembangan perangkat lunak yang sistematik dan sekunsial yang dimulai pada tingkat dan kemajuan sistem pada seluruh tahapan analisis, desain , kode, pengujian, dan pemeliharaan.
  • Kelebihan Model Sekuensial Linear / Waterfall Development Model :
    • Tahapan proses pengembangannya tetap (pasti), mudah diaplikasikan, dan prosesnya teratur.
    • Cocok digunakan untuk produk software/program yang sudah jelas kebutuhannya di awal, sehingga minim kesalahannya.
    • Software yang dikembangkan dengan metode ini biasanya menghasilkan kualitas yang baik.
    • Documen pengembangan sistem sangat terorganisir, karena setiap fase harus terselesaikan dengan lengkap sebelum melangkah ke fase berikutnya.
  • Kekurangan Model Sekuensial Linear / Waterfall Development Model :
    • Proyek yang sebenarnya jarang mengikuti alur sekuensial seperti diusulkan, sehingga perubahan yang terjadi dapat menyebabkan hasil yang sudah didapatkan tim pengembang harus diubah kembali/iterasi sering menyebabkan masalah baru.
    • Terjadinya pembagian proyek menjadi tahap-tahap yang tidak fleksibel, karena komitmen harus dilakukan pada tahap awal proses.
    • Sulit untuk mengalami perubahan kebutuhan yang diinginkan oleh customer/pelanggan.
    • Pelanggan harus sabar untuk menanti produk selesai, karena dikerjakan tahap per tahap, dan proses pengerjaanya akan berlanjut ke setiap tahapan bila tahap sebelumnya sudah benar-benar selesai.
    • Perubahan ditengah-tengah pengerjaan produk akan membuat bingung tim pengembang yang sedang membuat produk.
    • Adanya waktu kosong (menganggur) bagi pengembang, karena harus menunggu anggota tim proyek lainnya menuntaskan pekerjaannya.



B.Model Prototype = Dalam Model Prototype, prototype dari perangkat lunak yang dihasilkan kemudian dipresentasikan kepada pelanggan, dan pelanggan tersebut diberikan kesempatan untuk memberikan masukan sehingga perangkat lunak yang dihasilkan nantinya betul-betul sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan.
  • Kelebihan Model Prototype :
  • Pelanggan berpartisipasi aktif dalam pengembangan sistem, sehingga hasil produk pengembangan akan semakin mudah disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan.
  • Penentuan kebutuhan lebih mudah diwujudkan.
  • Mempersingkat waktu pengembangan produk perangkat lunak.
  • Adanya komunikasi yang baik antara pengembang dan pelanggan.
  • Pengembang dapat bekerja lebih baik dalam menentukan kebutuhan pelanggan.
  • Lebih menghemat waktu dalam pengembangan sistem.
  • Penerapan menjadi lebih mudah karena pelanggan mengetahui apa yang diharapkannya.
  • Kekurangan Model Prototype :
  • Proses analisis dan perancangan terlalu singkat.
  • Biasanya kurang fleksibel dalam mengahadapi perubahan.
  • Walaupun pemakai melihat berbagai perbaikan dari setiap versi prototype, tetapi pemakai mungkin tidak menyadari bahwa versi tersebut dibuat tanpa memperhatikan kualitas dan pemeliharaan jangka panjang.
  • Pengembang kadang-kadang membuat kompromi implementasi dengan menggunakan sistem operasi yang tidak relevan dan algoritma yang tidak efisien.

C.Model RAD(Rapid Application Development)
Rapid Aplication Development (RAD) adalah sebuah model proses perkembanganperangkat lunak sekuensial linier yang menekankan siklus perkembangan yang sangat pendek (kira-kira 60 sampai 90 hari).
  • Kelebihan Model RAD :
  • Lebih efektif dari Pengembangan Model waterfall/sequential linear dalam menghasilkan sistem yang memenuhi kebutuhan langsung dari pelanggan.
  • Cocok untuk proyek yang memerlukan waktu yang singkat.
  • Model RAD mengikuti tahap pengembangan sistem seperti pada umumnya, tetapi mempunyai kemampuan untuk menggunakan kembali komponen yang ada sehingga pengembang tidak perlu membuatnya dari awal lagi sehingga waktu pengembangan menjadi lebih singkat dan efisien.
  • Kekurangan Model RAD :
  • Model RAD menuntut pengembangan dan pelanggan memiliki komitmen di dalam aktivitas rapid-fire yang diperlukan untuk melengkapi sebuah sistem, di dalam kerangka waktu yang sangat diperpendek. Jika komitmen tersebut tidak ada, proyek RAD akan gagal.
  • Tidak semua aplikasi sesuai untuk RAD, bila system tidak dapat dimodulkan dengan teratur, pembangunan komponen penting pada RAD akan menjadi sangat bermasalah.
  • RAD tidak cocok digunakan untuk sistem yang mempunyai resiko teknik yang tinggi.
  • Membutuhkan Tenaga kerja yang banyak untuk menyelesaikan sebuah proyek dalam skala besar.
  • Jika ada perubahan di tengah-tengah pengerjaan maka harus membuat kontrak baru antara pengembang dan pelanggan.
3.Jelaskan perbedaan user reuqirement dan system reuqirement

  • User requirement = Pernyataan dalam bahasa natural dengan diagram dari laayanan sistem yang diberikan dan kendala operasional dibuat untuk pelanggan.
  • System requirement = Sebuah dokumen terstruktur yang menetapkan deskripsi rinci dari fungsi sistem layanan dan kendala operasional.Mendefinisikan apa yang harus dilaksanakan sehingga dapat menjadi bagian dari kontrak antara klien
4.Apa yang dimaksud perangkat lunak?
  • Perangkat lunak merupakan instruksi-instruksi program komputer yang ketika dijalankan menyediakan fitur2,fungsi2,dan kinerja2 yang dikehendaki.
  • Struktur data yang memungkinkan program2 memanipulasi informasi dan
  • Informasi deskritif pada salinan tercetak dan bentuk2 maya yang menggambarkan pengoprasian dan penggunaan program.
5.Sebutkan dan jelaskan 7 kategori utama dari perangkat lunak komputer!
  1. Perangkat Lunak Sistem = Sekumpulan program yang ditulis untuk melayani program2 lain Contoh = Editor,Compiler.
  2. Perangkat Lunak Aplikasi = Program2 mandiri yg menjawab kebutuhan bisnis yang terinci contoh = Perangkat lunak pemrosesan transaksi penjualan
  3. Perangkat Lunak rekayasa = Telah lama memiliki algoritma yang penuh dengan kalkulasi data numerik.
  4. Perangkat Lunak Tertanam = Berada dalam suatu produk atau sistem dan digunakan untuk menjalankan dan mengendalikan fitur2 dan fungsi2 bagi pengguna akhir dan bagi sistem itu sendiri.
  5. Perangkat Lunak Lini Produk = Dirancang untuk menyediakan kemampuan khusus untuk digunakan oleh pelanggan yang berbeda-beda.
  6. Aplikasi Web = Kategori perangkat lunak yang berpusat pada jaringan komputer yang menyajikan sederetan luas aplikasi.
  7. Perangkat Lunak Kecerdasan Buatan = Menggunakan Algoritma non-numerik untuk memecahkan masalah rumit yang tidak dapat dipecahkan oleh komputasi analisis secara langsung.
6.Sebutkan prinsip-prinsip yang harus dilakukan pada saat komunikasi!
  1. Komunikasi adalah proses simbolik = Komunikasi adalah sesuatu yang bersifat dinamis,sirkular dan tidak berakhir pada suatu titik tetapi tetap berlanjut.
  2. Setiap perilaku mempunyai potensi komunikasi = Setiap orang tidak bebas menilai.pada saat orang tersebut tidak bermaksud mengkomunikasikan sesuatu,tetapi dimaknai oleh orang lain maka orang tersebut sudah terlbat dalam proses komunikasi seperti gerak tubuh dan ekspresi wajah.
  3. Komunikasi punya dimensi isi dan hubungan = Setiap pesan komunikasi mempunyai dimensi isi dimana dari dimensi tersebut kita bisa memprediksi dimensi hubungan yang ada diantara pihak-pihak yang melakukan proses komunikasi

No comments:

Post a Comment

postingan keren